Hasil Race MotoGP Le Mans 2017: Vinales Juara Marquez dan Rossi Tidak Beruntung


Valentino Rossi seperti akan memenangi MotoGP Prancis sampai Maverick Vinales melewatinya untuk finis terdepan. Sementara Rossi malah gagal finis.

Begitu balapan di Sirkuit Le Mans, Minggu (21/5/2017) malam WIB dimulai, Vinales langsung berupaya menyalip ke barisan terdepan dan disusul juga oleh Rossi. Namun, start terbaik justru dibuat Johan Zarco yang menyalip di tikungan ketiga untuk memimpin balapan.

Jadilah ketika lap pertama berakhir, Zarco ada di posisi terdepan disusul Vinales, Rossi, dan Marquez. Lompatan terhebat dilakukan Pedrosa yang langsung melesat dari posisi 13 ke posisi ketujuh. Alvaro Bautista jadi pebalap pertama yang out di seri ini.

Lap demi lap, Zarco berusaha menjaga jarak dari Vinales dan Rossi yang terus membuntutinya. Vinales sendiri terus melajukan motornya lebih kencang untuk menyalip Zarco.

Sampai akhirnya Vinales berhasil menyalip Zarco pada lap ketujuh di tikungan Dunlop. Tanpa berpikir lama, Vinales juga langsung melebarkan jarak dengan Zarco yang terus mengejarnya.

Posisi balapan setelah lap ketujuh tak banyak berubah yakni Vinales, Zarco, Rossi, Marquez, dan Pedrosa. Khusus untuk Pedrosa, pebalap 32 tahun itu berhasil menyalip satu per satu pebalap di depannya untuk ada di posisi kelima pada lap ke-14.

Pedrosa pun coba mengejar posisi Marquez yang ada di depannya. Sementara Jorge Lorenzo yang start di posisi ke-16 sudah ada di posisi kedelapan di belakang rekan setimnya Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow.

Ouch! Bencana untuk Marquez ketika dia harus menuntaskan balapan lebih awal usai terjatuh di tikungan Dunlop ketika memasuki lap ke-18. Ini adalah crash kedua Marquez setelah balapan di Argentina.


Dramatis di Prancis: Vinales Juara, Rossi <i>Crash</i>Marc Marquez di MotoGP Prancis (Foto: AFP PHOTO / JEAN-FRANCOIS MONIER)



Rossi pun boleh dibilang menjadi tenang karena tak lagi dikejar Marquez sementara Pedrosa mendapat "hadiah" dengan naik ke posisi keempat.

Rossi akhirnya mampu menyalip Zarco untuk naik ke posisi kedua lap ke-23 untuk kemudian membuntuti Vinales yang berada di posisi terdepan. Momentum itu akhirnya didapat Rossi dua lap setelahnya, ketika menyalip Vinales di tikungan ketiga dan memimpin balapan pertama kalinya.

Aksi Rossi itu membuat publik Le Mans bersorak sorai dan seperti mendapat energi baru, pebalap asal Italia itu lantas menjauhi Vinales. Tapi Vinales tak menyerah dan terus membuntuti Rossi dengan selisih kurang dari 0,5 detik.


Dramatis di Prancis: Vinales Juara, Rossi <i>Crash</i>Valentino Rossi di MotoGP Prancis 2017 (Foto: AFP PHOTO / JEAN-FRANCOIS MONIER)



Vinales akhirnya berhasil menyalip lagi Rossi di tikungan kedelapan pada lap terakhir. Kesalahan Rossi yang terlalu melebar jadi penyebabnya.

Sudah jatuh tertimpa tangga pula, Rossi yang hendak mengejar Vinales malah terjatuh di tikungan ke-11 dan membiarkan rekan setimnya itu menjuarai seri ini. Vinales finis terdepan disusul Zarco dan Pedrosa!

Melengkapi posisi 10 besar ada Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow, Jorge Lorenzo, Jonas Folger, Jack Miller, Loris Baz, dan Andrea Iannone.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Film dengan Budget Wow Sepanjang Sejarah Perfilman

Ini Dia Pakaian Olahraga Masa Depan, Mau?

10 Karakter Animasi Hewan Lucu Yang Terlihat Sama dengan Aslinya